Jumat, Oktober 03, 2008

Internet Marketing – Apa yang harus anda miliki?

Internet Marketing – Apa yang harus anda miliki?

Jangan mudah percaya dengan tag line iklan di internet yang mengatakan bahwa anda akan mendapatkan jutaan rupiah per bulan dari internet. Itu mungkin bisa—dan memang sudah banyak orang yang membuktikannya—tapi satu hal yang perlu anda camkan bahwa itu pun ‘gak didapat dalam waktu yang singkat dan tanpa ilmu. Anda harus melewati fase yang cukup panjang (terlebih jika anda pelaku bisnis online pemula) di internet. Banyak produk (ebook) yang menjanjikan akan membantu anda menghasilkan uang jutaan, memang tapi pasti TIDAK INSTAN.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, apapun itu anda setidaknya akan dituntut untuk ‘berkorban’ untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan tentunya. Diantaranya, anda harus mengorbankan waktu untuk belajar, membaca referensi, bertanya pada orang yang sudah ahli, dan berkeinginan keras untuk maju dan tentu saja anda akan mengeluarkan sedikit uang untuk itu. Untuk semua itu saya lebih senang menyebutnya dengan istilah INVESTASI. Ya, untuk menjadi orang sukses anda harus mau berinvestasi, baik itu waktu maupun materi. Jangan pernah merasa rugi untuk melakukan investasi tersebut, karena yakinlah anda akan merasakan manfaatnya di kemudian hari. Itu prinsip yang dipegang oleh orang2 sukses di sekitar saya yang sudah sukses menjalankan bisnisnya.

Ada beberapa tips, yang saya rangkum dan sudah dipraktekan oleh orang2 sukses dalam dunia internet marketing:

1. Anda harus mau belajar. Jangan pernah berharap anda akan berpenghasilan di internet tanpa disertai ilmu yang cukup. Jika anda tetap berfikir demikian, maka anda akan lelah berharap. Jadi jangan enggan untuk belajar. Baca lah berbagai sumber, banyak kok yang gratisan, tapi kalo memang anda serius berinvestasilah dengan membeli ebook yang bagus, atau bergabung dengan sekolah online yang sudah terpercaya.
2. Fokus pada tujuan anda. Anda akan menemui berbagai macam informasi di belantara internet. Jangan sampai tujuan anda untuk belajar internet marketing terbelokan oleh hal2 yang bukan tujuan utama anda. Keep Focus.
3. Be an Innovator. Jangan hanya bisa latah mengikuti bentuk2 bisnis yang sudah ada. Tantanglah otak anda untuk menemukan sesuatu yang baru. Kalaupun anda mengikuti bentuk bisnis orang lain yang anda sukai, terpkanlah prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Ini akan menjadikan bentuk bisnis anda selalu unik dan mempunyai nilai tambah.
4. Anda harus mau mencoba. Jangan kira setelah anda membaca banyak referensi, anda sudah menguasai ilmu bisnis internet. Ingat, teori kadang tidak selalu sejalan dengan prakteknya. Anda harus praktek. Anda akan mengalami hambatan, cobaan ataupun bahkan kegagalan. Jangan menyerah. Disitulah letak ‘keindahan’ berbisnis. Pengalaman adalah guru yang brutal, tapi kita benar2 belajar dari pengalaman. Ya, jadikan kegagalan itu cambuk bagi anda untuk terus maju.

Sebelumnya, saya minta maaf pada master2 bisnis online. Bukan maksud saya menggurui, saya hanya berbagi pengalaman. Terutama bagi temen yang baru mau bergabung di bisnis online. Semoga tulisan ini bermanfaat. Ayo, majukan internet marketing indonesia...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Ourblogtemplates.com

Back to TOP