Rabu, Oktober 08, 2008

Paid Survey – Memahami Riset Market dari Perusahaan survey yang membayar anda

Paid Survey – Memahami Riset Market dari Perusahaan survey yang membayar anda

Mengapa pendapat kita begitu berharga? Kenapa sih ada perusahaan yang mau ‘buang-buang duit’ hanya untuk mendengarkan pendapat kita. Ya, mungkin pertanyaan itu pernah tersebut di benak teman semua (ato gak pernah sama sekali? Bagus deh berarti udah pinter hehehe).. dulu juga saya mikir kayak gitu seeh. Apa benar, mereka mau bayar kita demi untuk itu. Ah, jangan2 mereka mau ngibulin kita doang. Tapi, Jawabnya ‘IYA’ mereka membayar kita. Lho, kok baik bener ya mereka.. Mmh, sebentaar.. mereka rela mengeluarkan uang pasti ada maksud dan maunya. Inilah yang mereka sebut dengan Marketing Strategy.

Bayangkan, setiap hari kita memakai dan berbelanja barang yang berbeda. Kita mencoba produk baru, lalu menceritakannya pada teman kita bahwa barang itu bagus. Kita nonton film yang keren lalu membahas nya dengan teman di tempat kerja ato di kampus. Kadang kita juga mencoba kopi merek lain dari yang biasa kita konsumsi, hanya karena ingin mencoba rasa baru yang mereka keluarkan. Ya, karena mereka tahu bahwa bahwa pendapat kita sangat mempengaruhi produk yang akan mereka launching. Nah, postingan kali ini saya akan berbagi info, ‘Kenapa pendapat kita begitu berharga sehingga orang mau membayar hanya untuk mendengar apa pendapat kita tentang sebuah produk barang atau jasa dari perusahaan tersebut. Saya kira, ini penting untuk kita memahami Riset Pasar, apa dan bagaimana ini bekerja.

Dalam ruang lingkup bisnis yang kompetitif seperti sekarang ini, sebuah perusahaan selalu dihadapkan pada sebuah tantangan untuk pandai melirik ruang pasar baru untuk produk barang atau jasa yang mereka tawarkan. Hal ini bisa berupa: membuat produk barang atau jasa yang benar2 baru, pengembangan produk barang atau jasa yang sudah ada, atau membidik segmentasi pasar yang baru. Namun, pengembangan produk barang atau jasa yang benar2 baru ini merupakan hal yang beresiko tinggi. Mengembangkan sebuah produk tanpa didasari pengetahuan dan dasar yang kuat bisa membahayakan kondisi perusahaan bahkan salah-salah ini bisa merupakan kartu mati bagi perusahaan tersebut. Itulah sebabnya sebuah perusahaan yang baik, akan mengevaluasi feasibilitas produk barang atau jasa yang sudah mereka miliki dengan bersentuhan langsung dengan user dari barang atau jasa mereka tersebut, sebelum mengambil keputusan untuk mengembangkannya.

Riset pasar merupakan cara yang dinilai cost-effective untuk mengetahui produk apa yang orang cari, inginkan, pikirkan, atau perlukan. Informasi yang didapat dari yang satu ini tidak dapat digantikan dari dan dengan cara apapun. Perusahaan yang baik selalu memanfaatkan riset pasar sebelum mereka memutuskan untuk mengembangkan produk, layanan, atau bahkan kebijakan baru secara efektif dan akurat sesuai dengan kebutuhan pasar.

Riset pasar berbicara tentang prospek pasar sebuah produk sebelum perusahaan tersebut mengeluarkan produknya ke pasaran. Peran paling penting dari riset pasar adalah untuk meminimalisir resiko kerugian akibat kekeliruan memproduksi barang tertentu. Semua perusahaan tersebut sadar betul bahwa riset adalah cara termurah dan tercepat untuk mengetahui efektivitas sebuah produk, dari pada mereka melaunching produk tersebut dan melihat respon pasar tentang produknya itu. Rencana pemasaran merupakan tujuan utama daari riset pasar. Ini berguna untuk membidik segmentasi pasar yang tepat. Produsen tahu benar produk yang mereka buat untuk siapa dan pasar yang mana. Karena pada dasarnya setiap produk mempunyai segmen pasar yang unik. Kebutuhannya tidak hanya didasarkan pada perbedaan atau segmentasi umur, gender, pekerjaan dan ras (ingat 4 demographic utama yang saya bahas di postingan sebelumnya) tapi juga daerah, kultur budaya, bahasa dan lain sebagainya.

Nah teman, sekarang sudah tahu kan kenapa pendapat kita begitu berharga. Jadi jangan ragu untuk bergabung mengikuti program Paid Survey. Ratusan perusahaan disana SELALU membutuhkan opini kita. PD aja lagi..:). Daftar aja ke Survey Site yang banyak, pelajari rahasianya untuk mendapatkan undangan survey [disini] dan tunggu undangan survey untuk anda. Sukses yaa..

See ya..

1 komentar:

  1. @Alif
    Ya, setau saya begitu.. Perusahaan survey yang bener tidak menginginkan uang anda,tapi opini anda. Itu untuk kebutuhan pengembangan produk atau jasa mereka (red.Riset n Development). Jadi jangan terkecoh ya.. JIka anda penasaran pun silahkan saja coba. Paling anda hanya akan disuguhi link2 yang gak jelas.. yang katanya itu adalah survey site yang akan membayar anda. Padahal, tidak demikian tentunya..

    BalasHapus

  © Ourblogtemplates.com

Back to TOP