Selasa, April 14, 2009

Memaksimalkan Penghasilan dari Adsense


Adsense. Siapa yang tak kenal PPC besotan google ini. Siapapun yang telah mengenal dunia internet marketing pasti tahu adsense. Kelebihan adsense bila dibandingkan PPC lain adalah, Content Oriented. Iklan yang muncul, dijamin sesuai dengan konten yang ada di web/ blog. Nah, sebelum anda ikut meramaikan dunia adsense indonesia, ada baiknya anda simak dulu apa saja yang menjadi faktor penentu anda untuk sukses dalam ber-adsense ria.

Ini poin2 yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya ya. Klo ada Mas2 atau mba2 yang lebih expert, mohon maaf, karena niat saya hanya berbagi pengalaman bukan menggurui. Piss.. :). Ok, mari kita mulai..

  1. Content. Ya, mutlak. Anda harus mempunyai konten yang bagus dalam postingan anda. Seperti yang saya bilang di atas, PPC adsense muncul berdasarkan isi konten kita. Bagaimana tanda-tanda konten yang bagus? Yang pasti Original dan unik. Semakin unik konten anda semakin baik. Kalo pun anda menggunakan konten hasil karya orang lain, pastikan untuk me-rewrite menjadi sesuatu yang lebih baru serta lengkap. Jangan pernah masang posting seadanya di web/ blog anda.
  2. Keyword. Jika sudah 'terampil' membuat konten yang baik, pastikan keyword yang anda bidik adalah keyword yang mahal. Untuk pemilihan keyword yang baik, nanti saya akan buat postingan khusus. Yang pasti, sepengalaman saya, keyword yang baik muncul 8%-10% dari jumlah kata dalam postingan anda. Jika lebih dari itu, mesin pencari malah akan berfikir anda melakukan pengulangan keyword yang gak perlu.
  3. Penempatan iklan. Ads Positioning, tidak kalah penting untuk sukses dalam PPC apapun. Jika halaman web/blog anda pertama kali dibuka, bagian mana dulu yang pertama terbuka? Yup, Bagian Atas. Pastikan anda menempatkan adsense anda disana, biasanya di bawah header-banner. Selain itu anda bisa juga menempatkannya di bagian pinggir kanan-kiri, di tengah postingan atau diantara 2 postingan. Hasil dari penempatan ini bervariasi. Jadi, silahkan bereksperimen sendiri.
  4. Format Iklan. Ads format adalah hal yang paling saya sukai. Menurut saya format iklan adsense sangat berpengaruh terhadap CTR yang dihasilkan. Sejujurnya, setiap orang benci iklan. Tapi klo kita pandai 'mengemas' iklan itu menjadi sesuatu yang menyenangkan, disamarkan atau dikamuflasekan (apapun lah istilahnya) menjadi sesuatu yang enak dilihat, membantu atau malah diperlukan visitor, maka ceritanya akan lain.
  5. Traffic. Terakhir, semua poin diatas will mean nothing tanpa yang satu ini. Sebagus apapun tampilan, positioning dan keyword yang anda bidik--tanpa trafik yang cukup--maka saya pastikan anda tidak akan pernah menerima cek dari adsense :). Jadi Traffic is matter most. Untuk pembahasan lebih lengkapnya satu per satu dari poin2 ini akan saya bahas selanjutnya di postingan yang akan datang.

Semoga membantu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Ourblogtemplates.com

Back to TOP